Kepemimpinan Transformatif Menghadapi Tantangan Perubahan

KEBERADAAN PEMIMPIN DENGAN KEPEMIMPINAN YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN DAN TUNTUTAN MERUPAKAN KENISCAYAAN DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN. KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN DIPERLUKAN SEIRING DENGAN TUNTUTAN DAN LINGKUNGAN STRATEGIS PEMERINTAHAN YANG BERUBAH, BAIK LINGKUNGAN INTERNAL MAUPUN LINGKUNGAN EKSETERNAL.

LINGKUNGAN INTERNAL SEBAGAI BANGSA YANG MEMILIKI DINAMIKA YANG TINGGI DAN BERBAGAI PERMASALAHAN seperti konflik horisontal dan vertikal, kemiskinan, korupsi, mal administrasi TENTUNNYA MEMERLUKAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJERIAL YANG handal,

 

LINGKUNGAN EKSTERNAL SEBAGAI BAGIAN DARI KELANJUTAN GLOBALISASI SERTA INTENSITAS RELASI HUBUNGAN DENGAN BANGSA DAN NEGARA LAIN, AFTA 2013 sudah di depan mata, asia economic community 2025 tidak lama lagi tentunya  MEMERLUKAN pemimpin pada semua level organisasi pemerintahan mulai pemimpin nasional  hingga pemimpin daerah untuk membawa bangsa ini untuk tegak  mengahdapinya,  ANTISIPASI HARUS DILAKUKAN APA YANG HARUS DISIAPKAN DAN APA PERAN  YANG DIMAINKAN DAN MANFAAT YANG AKAN DIPEROLEH.

 

indonesia melakukan big bang dalam dua langka politik yang monumental yakni demokratisasi dan desentralisasi, yang tidak banyak bangsa dan negara lakukan, kalaupun dilakukan tidak semuanya mulus melaluinya. tentunya kita belum sepenuhnya puas terhadap pelaksanaannya namun demikian kita optimis bahwa dengan soliditas bangsa dan kepemimpinan yang transformatif maka semuanya dapat dilalui dengan mulus menuju indonesia yang maju dan sejahtera.

 

 

Konsep kepemimpinan transformasi telah diperkenalkan oleh James Mac Gregor Burns pada tahun 1979 di dalam kajiannya berkaitan dengan kepemimpinan politik. Menurut Burns, kepemimpinan transformasi merupakan satu proses di mana pemimpin dan pengikutnya saling bantu membantu untuk meningkatkan motivasi dan moral kepada tahap yang lebih tinggi (Wagner, 2009). Burns telah mengkategorikan kepemimpinan transformasi kepada empat kategori iaitu pemimpin intelek, pemimpin pembaharuan, pemimpin revolusi dan pemimpin transformasi berkarisma. Idea Burns telah dikembangkan oleh Bass yang melihat kepemimpinan transformasi berdasarkan cara bagaimana pemimpin mempengaruhi pengikutnya bagi membolehkan dirinya dipercayai, dikagumi dan dihormati (Khairil Annas, 2009). Oleh sebab itu, pandangan beliau terhadap konsep kepemimpinan ini lebih menjurus kepada kumpulan atau organisasi dan perlu ada kaedah dua hala antara pemimpin dan pengikutnya. Kepemimpinan transformasi mempunyai empat dimensi asal yang dicetuskan oleh Bass 1985 iaitu pengaruh individu, motivasi inspirasi, stimulasi intelektual dan pertimbangan individu.

 

Transformasi identik dengan perubahan, karena sejatinya transformasi adalah sebuah bentuk perpindahan menuju sistem yang dianggap lebih baik dan mendukung. Jika disandingkan dengan kepemimpinan, maka akan terbentuk sebuah pemikiran bahwa kepemimpinan transformasi adalah bentuk kepemimpinan yang berorientasi pada perubahan dengan mengedepankan pemberian inspirasi untuk bisa mencapai tujuan yang diharapkan.

Gaya kepemimpinan transformasional adalah gaya kepemimpinan yang visioner dan inspirasional. McShane dan Von Gilnow mengatakan bahwa kepemimpinan transformasi adalah kepemimpinan yang dapat mengubah tim dan organisasi yang dengan membentuk, mengkomunikasikan, dan memberikan visi yang menginspirasi para anggotanya. Kepemimpinan transformasional dicirikan dengan pemimpin yang dapat memberikan inspirasi bagi para pengikutnya sehingga dapat memberikan tujuan yang jelas pada tim yang dikelolanya.

Jika kita melihat bagaimana konsep kepemimpinan transformasi, maka role model yang tepat untuk dijadikan contoh yakni kepemimpinan adalah para FOUNDING FATHER. Mereka merupakan teladan-teladan terbaik yang bisa memberikan kita contoh bagaimana cara memimpin sebuah perubahan yang besar.

 

Indonesia harus memiliki peran strategis untuk menjadi negara terdepan di dunia , INDONESIA MASIH BERADA DALAM TRANSISI DAN KONSOLIDASI MENUJU TRANSFORMASI, memerlukan tokoh PEMIMPIN DAN  kepemimpinan yang tepat.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>